D4 Disneyland HK

Hari ke4 ini adalah hari yg paling ditunggu2 para bocah, karena pada hari ini we’re going to Disneyland! Aslinya, gw dan si kribo bukan penggemar theme park. Buat gw pribadi, konyol banget rasanya, dateng ke sebuah tempat, kudu bayar, terus kita diputer2, diciprat2 air, ditebalik2in, aneh! -__-

Udah gitu, males banget pergi jauh-jauh ke suatu Negara, tapi malah ngabisin waktu di tempat yg gak represent Negara itu samsek. Sebuah tempat yg direkayasa manusia…….mahal pulak! #sewot. Tapiii…berhubung kami tahu bagaimana bocah-bocah, isya terutama, bakalan seneng banget ke sini, ya akhirnya kita sisihkan juga lah waktu dan uang. The things we do for our children….

Menuju Disneyland HK paling enak tentu naik MTR…cari MTR jalur oranye yang menuju Tung Chung, turun di Sunny Bay, tinggal ganti kereta khusus menuju Disneyland deh.

IMG_3536

 

Kalau mau ngomong obyektif sih, lepas dari segala kesentimenan gw sama theme park, jelaslah Disneyland pantas menyandang nama besar. Semua sudut dirancang sedemikian rupa untuk menguatkan ilusi bahwa kita sedang berada di neverneverland. Bahkan ilusi itu sudah tersaji jauh sebelum kita sampai di venue nya sendiri. Seperti sudah sering dituliskan orang-orang, kereta MTR menuju Disneyland dipenuhi dengan berbagai perlengkapan berbentuk mickey, sebagai icon Disneyland.

 

IMG_3539

Handle utk pegangannya pun berbentuk Mickey

 

Sampai di stasiunnya pun begitu, rasanya kita sudah terputus dari dunia nyata. Gerbang menuju Disneyland, air mancur di depan gerbang, istana di depan pintu masuk, total banget rasa negeri dongengnya. Bukan Cuma itu, keceriaan disempurnakan dengan para crew yang semuanya masih muda dan pembawaannya selalu ceria, gak sekedar ramah loh yah.

 

IMG_3543

Stasiun MTR Disneyland….semacam stasiun kereta negeri antah berantah 😀

 

IMG_3551

 

Di depan gerbang Disneyland

 

IMG_3553

Air mancur sebelum pintu masuk

 

IMG_3557

And they’re really meant it 🙂

Sebelum gw memutuskan bawa anak-anak ke sini, tentulah gw rajin browsing review independen di blog orang2. Banyak yang bilang gak oke, masih seruan universal studio. Pas gw ke sini, gw jd paham kenapa pd ngereview gt. Yg bilang gitu kebanyakan orang-orang dewasa, sementara Disneyland emang pangsa pasarnya lebih berat ke bocah dan keluarga. Ya jelas aja udah keliatan banget dari film2 keluaran Disneyland dong yah kan deh.
Buat anak-anak dan keluarga dan atau pencinta karakter Disney, Disneyland sih jelas juara banget. A dream come true!
Sebelum mulai menjelajah, pelajari dulu peta Disneyland dan bikin prioritas wahana mana yg mau lu cobain, karena biarpun dateng dari pagi banget sampai waktunya tutup, gak bakal dapet semua. Kecuali, mungkin, kalau lu sewa Disneyland seharian buat lu doang, gak pake ketemu antrian sebiji2 acan.
Gw datang saat winter, di hari Kamis, so its surely not a holiday season, tapi tetep aja antriannya mayan. Gak tau deh kalau pas musim liburan. Soal antrian, jangan kaget ya kalau ada turis-turis dari Mainland China yang ogah ngantri. Gw sempat ngobrol sama seorang bule expatriate di HK, dia pernah liburan ke Mainland China, memang kultur di sana begitu, antri bukan bagian dari budayanya. Gak usah nyolot atau tersinggung, mereka semata-mata gak terbiasa aja kok, bukannya niat yg gimana-gimana.
Menurut gw yg gak sempet naik semua wahana (yaeyalah), highlight yg kudu banget diliat adalah: Stitch Encounter, Meet the characters (Isya tentu maunya ketemu para princess, n karakter Toy Story), Parade utama, Show The Golden Mickey, dan tentunya sebagai tanda ditutupnya taman….pertunjukan kembang api, Disney in Stars Fireworks. Untuk maksimalin waktu, cek jadwal pertunjukan, parade maupun meet the characters di sini

IMG_3631

Parade utama…meriah banget, musiknya juga seru

 

 

 

 

 

IMG_3656

The Golden Mickey….pertunjukan yg kalau nampil di Jakarta, harga tiketnya bisa mahal bgt. Pertunjukan ini tersedia dlm bhs kanton dan bhs inggris, jadi sebelum masuk cek dulu ya. Walau kalaupun bahasa kanton jg gak terlalu ganggu sih, krn ngomong kantonnya dikit, ada teksnya pula. Kalau sudah nyanyi n nari pasti dalam bahasa inggris.

 

IMG_3665

 

Meet the princess…kata Isya “suaranya juga persis si Belle” 😀

 

IMG_3677

Heloooo Woody!

Pengunjung Muslim sekarang bisa nyaman banget ngunjungin Disneyland HK, ada Tahitian Terrace di area Adventureland dan Explorer’s Club di Mystic Point yang sudah punya sertifikat halal. Kita sempat nyobain Tahitian Terrace, oke banget kok rasa masakannya. Kalau soal harga sih ya gitu deh namanya di tempat wisata, lebih mahal daripada kebanyakan harga-harga di luar. Oh iya, jangan lupa cobain mango pudding di Starliner Dinner di kawasan Tomorrowland. Yumeh!
Jangan berpikir bisa bekel makanan dari luar buat dibawa ke Disneyland kecuali kamu jago banget ngumpetinnya kayak kami :D. Saat lewat pintu masuk, tas bakalan digeledah. Sayang banget kan sudah beli bekal eh disita.
Kalau datang sama bocah, sewa stroller is a must! Biarpun si bocah udah terlalu besar utk stroller atau bukan tipe yg senang duduk di stroller, lebih baik tetap sewa. Soalnya, keliling Disneyland pasti akan makan waktu seharian, ada saat si bocah butuh istirahat, daripada gendong2. Kalau dia gak mau masuk stroller, seengak-enggaknya tas yang kita bawa bisa ditaro stroller. Udah gitu, Disneyland HK ramah stroller banget, bukan Cuma jalanannya, tapi juga tersedia tempat parkir stroller yang aman. Setiap stroller juga akan dikasih kartu untuk nulis nama penyewanya, jadi gak bakal ketuker-tuker deh. Tapiiii..berhubung jumlah stroller nya gak banyak, begitu masuk, segeralah sewa stroller di Disneyland fire Department di area Town Square, sisi sebelah kiri tepat setelah masuk ke taman. Untuk menyewa, selain ada harga sewa, ada juga jaminan yang nanti dapat direfund saat mengembalikan stroller.

 

IMG_3558

 

Bentuk strollernya nyaman banget buat anak-anak take a nap sebentar

 

 

Pasti pengen dong punya souvenir dari Disneyland? Kalau berniat beli sesuatu di toko souvenir resminya, carilah jenis mainan yg gak banyak KW-annya di Ind. Macem stuffed animal gitu gak usah deh, banyak kok tembakannya dgn harga jauh lebih murah. Kalau mau ngasih oleh-oleh yang murah meriah, ke mesin pressed coin aja yang tersebar hampir di seluruh sudut Disneyland. Harganya murah banget dan bisa pilih gambar yang kamu suka. Cukup mungil juga buat dibawa sebagai oleh-oleh. Dan yg pasti sih eksklusif, blm pernah liat deh tiruannya.

 

IMG_3604

Boneka Jesse yg bisa ngomong, kalau dirupiahin harganya sekitar 290rb an

 

Kalau ke Disneyland nya saat winter seperti kami, jangan samakan suhu di Disneyland HK dgn di pusat kota HK ya. Disneyland HK terletak di pulau Lantau yang selain berbukit-bukit, juga tidak padat, jadi dia pasti lebih dingin daripada suhu di pusat kota. Apalagi kalau anginnya lagi berhembus kencang. Siapin sweater deh, minimal untuk malam saat siap-siap pulang, pasti perlu.

 

IMG_3702 Cotton candy on a glowing stick….jajanan yg pasti bakal eye catching banget utk para bocah

Leave a comment